Torit (long description)


MINERAL TORIT

Nama kimia : (Th, U)Sio4, Thorium Uranium Silicate.

Kelas : Silikat

Sub Kelas : Nesosilicates

Penggunaan : Sebagai bijih yang kecil uranium dan torium dan sebagai spesimen mineral.

Spesimen

Torit adalah mineral torium yang yang paling umum. Torium adalah suatu sangat unsur radioaktif dan bisa digunakan sebagai sebagai suatu penggantian untuk uranium di generasi daya nuklir. diperkirakan untuk tiga kali [sebagai/ketika] umum seperti uranium dan semua torium di Bumi yang kulit keras bisa mempunyai lebih tenaga potensial dibanding uranium kedua-duanya dan cadangan bahan bakar fosil dikombinasikan. torium dan Uranium dianggap sebagai sumber yang utama dari panas internal dari Bumi melalui/sampai pelapukan radioaktif mereka.

Walaupun torit adalah mineral torium yang paling umum, bukan bijih yang utama torium. Mineral fosfat monazite mempunyai suatu rata-rata dari sekitar 6% torium dalam komposisi nya yang meliputi beberapa unsur-unsur bumi yang jarang. Cukup monazite ditambang untuk menyediakan kebanyakan dari permintaan torit arus. Jika deposito monazite di;jadi;kan langka atau permintaan untuk peningkatan torium, kemudian torit dan ke luas yang lebih sedikit lain mineral torium yang bearing/tegas seperti torianit, thorogummite , huttonite dan thorutite akan memperoleh sangat seturut arti pentingnya.

Torit sekarang ini merupakan bijih yang penting untuk uranium. Beberapa torit sering disebut “uranothorite” terutama sekali yang kaya akan uranium dan telah (menjadi) suatu bijih uranium yang yang sehat pada Bancroft, Ontario, Canada. Lain variasi dari torit meliputi ” orangite”, suatu variasi jeruk; ” calciothorite” suatu variasi yang tidak murni dengan sejumlah jejak dari zat kapur dan ” freyalite” benar-benar suatu variasi yang diragukan yang berisi serium ( ternyata adalah suatu format yang diubah dari mineral melanocerite).

Torit juga dihubungkan dengan suatu mineral disebut huttonite. Torit dan huttonite adalah dimorphs. Dua mineral mempunyai yang sama Nama kimia, mereka hanya mempunyai struktur yang berbeda, di berarti dua dan morph bentuk alat. Suatu situasi yang yang serupa terjadi dengan Dimorfisma dari grafit dan intan, kedua-duanya dari siapa adalah terdiri atas karbon, tetapi mempunyai struktur yang sangat berbeda. Huttonite ironisnya menjadi anggota di Monazite Group dan terkait dari sudut bangunannya bagi bagiannya.

Sebab torit sangat radioaktif, spesimen adalah sering metamict. Ini adalah suatu kondisi ditemukan di mineral radioaktif dan diakibatkan oleh barang kepunyaan yang bersifat merusak radiasi kepunyaan nya di kisi-kisi kristal nya. Efek dapat menghancurkan suatu kisi-kisi kristal dengan sepenuhnya selagi meninggalkan penampilan luar tanpa perubahan.. Thorogummite dipercaya untuk dibentuk dari torit [oleh/dengan] hidrasi yang dimudahkan oleh metamictation.

Spesimen dari torit secara umum datang dari pegmatites dan dan extrusive batu karang, hydrothermal batu karang dan pembuluh darah kontak yang metamorphic seperti halnya butir yang kecil menemukan di pantai pasir detrital. Kristal adalah jarang,, tetapi ketika ditemukan dapat menghasilkan kristal bagus shaped pendek/singkat yang seperti prisma/aneka warna dengan penghentian yang berbentuk piramid. Ingat, ini adalah suatu mineral radioaktif dan harus menyimpan persediaan dari mineral lainnya yang adalah tunduk kepada kerusakan dari radioaktivitas.

KARAKTERISTIK FISIK:

© Berwarna normal hitam, tetapi juga kecoklat-coklatan hitam,, jeruk, jeruk-kekuning-kuningan dan gelap hijau.

© Berkilap mengandung damar..

© Ketransparanan: Kristal adalah buram..

© Sistem hablur adalah bersudut empat; 4/m 2/m 2/m Crystal Habits meliputi kristal pendek/singkat yang seperti prisma/aneka warna dengan suatu panampang-lintang yang bujur sangkar dan penghentian sederhana berbentuk piramid. Juga raksasa (masive),, menempelkan butir tidak beraturan dan reniform.

© Pecahannya lemah,, di dua arah menurut panjang,, tetapi jarang ditemukan.

© Belahan conchoidal.

© Kekerasannya adalah 4.5 – 5 Specific Gravity adalah 4.1 – dekat 7.

© Warna lapisan jeruk ke warna coklat.

© Karakteristik yang lain: Hampir selalu metamict dan selalu betul-betul radioaktif.

© Mineral dihubungkan meliputi kwarsa, feldspars, biotit dan betafite.

%d blogger menyukai ini: