Selamatkan Bumi Kita


Setiap tanggal 22 April, diperingati sebagai Hari Bumi dengan berbagai cara. Ibarat orang yang bekerja pasti butuh istirahat juga. Demikian juga bumi yang semakin hari semakin berat bebannya tapi apakah dalam 1 hari saja bumi dapat beristirahat?. Banyak cara untuk merawat bumi, yang dapat dilakukan tiap saat tanpa menunggu tanggal 22 April, dari yang paling ekstrim sampai yang sangat mudah .
Bencana Gerakan Tanah, Banjir, Kekeringan yang ahkir-ahkir ini melanda banyak wilayah di Indonesia merupakan salah satu indikator bahwa keseimbangan alam mulai berubah. Hal ini tak lepas dari perilaku manusia dalam memanfaatkan alam itu sendiri. Untuk memulihkan keseimbangan alam itu diperlukan partisipasi dan kepedulian semua pihak dengan cara yang sebenarnya mudah, yaitu:

  1. Powering Down yaitu mematikan peralatan yang tidak diperlukan. Contohnya mematikan computer pada saat istiharat. Ingat listrik banyak dihasilkan dari bahan bakar fosil (minyak dan batubara).
  2. Transforming Transport yaitu dengan cara membiasakan berjalan kaki/bersepeda untuk menuju tempat yang dekat. Atau dengan cara naik kendaraan umum (bayangkan bila 1 mobil yang biasa menampung 7-8 penumpang hanya dinaiki oleh 1 orang).
  3. Kantong Plastik yaitu dengan cara mengurangi pemakaian kantong plastic sehingga sampah plastic juga akan berkurang. Ingat plastic bila terkubur akan sangat lama terurai.
  4. Tanam dan Rawat, jangan biarkan lahan kosong disekitar pekarangan rumah. Cukup ditanami pohon dan merawatnya sudah sangat membantu.

Dari cara tersebut diatas masih banyak lagi cara untuk memulihkan keseimbangan alam antara lain mencari sumber energi alternative (angin, air, gas, geothermal, matahari dll) sehingga polusi udara dapat ditekan, mendaur ulang sampah, menggunakan pupuk organic dll. Karena “kita hanya punya satu BUMI”

“SELAMAT HARI BUMI”

%d blogger menyukai ini: