Contoh USUL PENELITIAN Geologi


Kebutuhan energi dewasa ini kegunaannya sangat meningkat, terutama ketergantungan akan pemakaian minyak bumi untuk menunjang laju perekonomian dunia, untuk itu perlu adanya diversifikasi penggunaan energi alternatip lainnya selain minyak bumi, yaitu penggunaan bahan bakar dari endapan serpih bitumen padat yang sangat banyak terdapat menyebar di seluruh wilayah indonesia.

Dari beberapa penelitian terdahulu, diketahui bahwa di daerah Banjarnegara berpotensi menghasilkan endapan bitumen padat yang memiliki nilai ekonomis. Namun kendala yang dihadapi saat ini adalah jumlah kandungan endapan bitumen padat di daerah tersebut yang belum diketahui nilai keekonomisannya.

Beberapa penelitian mengenai analisis kandungan endapan bitumen di daerah Banjarnegara pernah dilakukan, diantaranya oleh Kuntawidjaya (2006) yang berjudul Potensi Tambang Batubara Banjarnegara dan Elkasih Ngatini (2007) dengan judul Tantangan Endapan Bitumen terhadap Perekonomian Banjarnegara. Tetapi kedua penelitian tersebut tidak mendapat kesimpulan yang pasti potensi yang jelas jika endapan bitumen padat di Banjarnegara ditambang akan menghasilkan keuntungan.

Berdasarkan latar belakang di atas, perlu diadakannya penelitian lebih lanjut mengenai jumlah kandungan endapan bitumen padat di daerah Banjarnegara agar dapat diketahui nilai ekonomis dari endapan bitumen tersebut.

Selengkapnya proposal download disini

Tambah lagi download

%d blogger menyukai ini: