Dolomit


DOLOMIT

Nama kimia : Camg(Co3)2, Karbonat Magnesium Zat kapur

Kelas : Karbonat

Kelompok : Dolomit

Penggunaan : dalam beberapa semen, sebagai sumber dari magnesium dan sebagai spesimen mineral.

Spesimen

Dolomit, yang dinamai untuk Deodat ahli pertambangan Perancis tidak Dolomieu, adalah suatu mineral pembentukan-batu karang sedimentary yang umum yang dapat ditemukan di tempat tidur/alas yang raksasa (masive) beberapa ratus kaki tebal.. Mereka ditemukan seluruh penjuru dunia dan sungguh umum di urutan batu karang sedimentary. Batu karang ini sewajarnya cukup dolomit atau batu gamping yang dolomitic. Perselisihan sudah muncul seperti bagaimana alas dolomit ini membentuk dan disebut “Problem dolomit”. Dolomit sekarang waktu, tidak membentuk rupanya dari bumi; namun lapisan yang raksasa (masive) dolomit dapat ditemukan di batu karang masa lampau. Yang benar-benar masalah untuk sedimentologists yang terlihat batupasir, batu gamping dan serpihan batu membentuk hari ini hampir di depan mata mereka. Mengapa tidak (ada) dolomit? baik Tidak ada jawab baik yang sederhana, tetapi nampak batu karang dolomit itu adalah salah satu [dari] sedikit batu karang sedimentary yang mengalami suatu perubahan penting mineralogical setelah disimpan. Mereka adalah mula-mula disimpan seperti calcite/ aragonite batu gamping yang kaya, tetapi selama suatu proses yang disebut diagenesis aragonit dan/atau kalsit diubah ke dolomit. Proses bukanlah metamorphism, tetapi sesuatu yang hanya kekurangan itu. air tanah magnesium yang kaya yang mempunyai suatu penting jumlah berkadar garam adalah enak panas mungkin rumit, tropis dekat lingkungan samudra adalah mungkin jauh lebih baik sumber dari formasi dolomit.

Dolomit sebagai tambahan terhadap tempat tidur/alas sedimentary adalah juga ditemukan di marbles (karya seni marmer) yang metamorphic, hydrothermal penggantian dan pembuluh darah menyimpan. Kecuali dalam dolomit kebiasaan kristal merah muda nya, yang dibengkokkan adalah susah untuk menciri dari anak dari saudara sepupu, kalsit nya. Tetapi kalsit adalah jauh lebih umum dan berbuih dengan mudah ketika cuka diberlakukan bagi itu. Tetapi ini adalah bukan kasus dengan dolomit hanya yang dengan lemah gelembung dengan cuka dan hanya ketika cuka adalah hangat atau dolomit adalah bertepung/berbubuk.. Dolomit adalah juga sedikit lebih keras,, denser dan tidak pernah membentuk scalenohedrons ( kebiasaan paling khas kalsit).

Dolomit berbeda dengan kalsit, CaCO3, di penambahan dari notulen magnesium untuk membuat rumusan, CaMg(CO3)2. Notulen magnesium tidaklah yang sama ukuran [sebagai/ketika] notulen keduanya dan zat kapur nampak tidak cocok/bertentangan di lapisan yang sama. Di kalsit struktur adalah terdiri atas lapisan yang bertukar-tukar notulen karbonat, CO3, dan notulen zat kapur. Di dolomit, magnesium menduduki satu lapisan dengan sendirinya yang diikuti oleh suatu lapisan karbonat yang mana [adalah] diikuti oleh suatu eksklusif lapisan kalsit dan sebagainya. Mengapa lapisan yang bertukar-tukar? adalah mungkin perbedaan ukuran yang penting antar[a] magnesium dan zat kapur dan lebih yang stabil untuk menggolongkan notulen berbeda yang sized ke dalam lapisan sama yang sized. Lain mineral karbonat yang mempunyai struktur bertukar-tukar layered ini masuk ke dalam Dolomite Group. Dolomit adalah anggota prinsip dari Dolomite Group dari yang mineral meliputi ankerite, satu-satunya anggota lain yang sedikit umum.

Dolomit membentuk rombohedron sebagai kristal khas nya. Kalau kiranya tidak beberapa memberi alasan, mungkin kelahiran kembar, kristal beberapa membengkok ke dalam kristal yang saddle-shaped. Kristal ini menghadirkan suatu kebiasaan kristal yang unik yang sungguh dikenal baik sebagai dolomit klasik. Tidak semua kristal dari dolomit dibengkokkan dan beberapa pertunjukan spesimen yang mengesankan dengan baik dibentuk, rombohedron yang tajam/jelas. Kilau dari dolomit adalah unik juga dan mungkin jauh lebih baik ilustrasi dari suatu kilau yang seperti mutiara. Efek yang seperti mutiara terbaik dilihat di dibengkokkan kristal sebagai kemilau dari cahaya dapat menyapu ke seberang permukaan lengkung. Dolomit dapat beberapa warna yang berbeda, tetapi tidak berwarna dan putih adalah sangat umum.. Bagaimanapun adalah warna merah muda dolomit yang menetapkan karakteristik yang lain yang unik untuk dolomit. Kristal dari dolomit sangat dikenal untuk warna khas indah yang merah muda mereka, kilau yang seperti mutiara dan kebiasaan kristal tidak biasa dan adalah seikat ini yang membuat spesimen yang sangat menarik.

KARAKTERISTIK FISIK:

© Berwarna sering merah muda atau kemerah merahan dan dapat tidak berwarna, putih, kuning, beruban/kelabu atau bahkan warna coklat atau hitam ketika besi hadir di kristal.

© Berkilap seperti mutiara ke seperti kaca ke tumpul..

© Sifat terhadap cahaya adalah transparan ke tembus cahaya..

© Sistem hablur adalah trigonal; menghalangi 3 Crystal Habits meliputi rhombohedral pelana yang shaped yang kembar belah ketupat dan yang sederhana beberapa dengan wajah yang sedikit dibengkokkan, juga seperti prisma/aneka warna, raksasa (masive), berisi butir kecil dan batu karang yang membentuk. Tidak pernah yang ditemukan di scalenohedrons.

© Perpecahan sempurna di tiga arah yang membentuk rombohedron.

© Belahan conchoidal.

© Kekerasannya adalah 3.5-4 Specific Gravity adalah 2.86 ( rata-rata)

© Warna lapisan putih..

© Karakteristik yang lain: Tidak sama dengan kalsit, berbuih dengan lemah dengan cuka yang hangat atau ketika lebih dulu bertepung/berbubuk dengan HCl yang dingin.

© Mineral yang dihubungkan: meliputi kalsit, mineral bijih sulfida, fluorit [CaF], barit, kwarsa dan adakalanya dengan emas.

%d blogger menyukai ini: