Zirkon


MINERAL ZIRCON

Nama kimia : Zrsio4, Zirconium Silicate

Kelas : Silikat

Sub Kelas : Nesosilicates

Penggunaan : spesimen mineral dan Batu-Permata

Nama zircon telah merebak baru-baru ini dalam kaitan dengan pengenalan suatu yang mirip dengan intan. Sehingga sebagai catatan, zircon (zirconium silikat, ZrSiO4) tidaklah yang sama material Cubic Zirconia material permata tulen yang tiruan (zirconium oksida, ZrO2). Zircon telah digunakan sebagai sebagai alat untuk pertimbangan tidak bersalah dan yang jahat seperti intan. Zircon menyerupai intan di api dan kilau dan zircon yang tidak berwarna telah tukang emas berpengalaman telah mengira itu intan. Zircon dapat membuat suatu batu-permata sangat menarik dan yang bisa usahakan.

Sebagai spesimen mineral, zircon adalah luar biasa di kebanyakan toko batu karang sebab spesimen yang menarik dan jarang. Kristal khas yang sederhana zircon adalah suatu prisma bersudut empat mengakhiri dengan empat piramida yang bersisi pada akhir masing-masing. Prisma mungkin kekurangan dan kristal dapat lihat octahedral. Kristal yang lebih rumit mempunyai wajah dari suatu lebih sedikit dengan susah payah menundukkan prisma yang meruncingkan penghentian. Juga suatu prisma yang sekunder boleh memancung prisma yang utama dengan memotong/terputus tepi nya dan memproduksi suatu panampang-lintang yang bersegi delapan melalui/sampai kristal. Ada bahkan suatu delapan piramida yang bersisi (benar-benar suatu ditetragonal dipyramid) itu boleh memodifikasi empat piramida yang bersisi. Kristal zircon dapat meninggalkan suatu kristal yang sangat sederhana melainkan secara kompleks format yang faceted.

KARAKTERISTIK FISIK:

© Berwarna warna coklat, merah, kuning, hijau, biru, hitam, dan tidak berwarna..

© Berkilap tidak fleksible..

© Sifat terhadap cahaya adalah transparan ke tembus cahaya..

© Bersudut empat sistem hablur; 4/m 2/m 2/m Crystal Habits: dipyramidal dan seperti prisma/aneka warna

© Perpecahan tak jelas di dua arah, seperti prisma/aneka warna..

© Belahan Hardness yang tidak seimbang adalah 7.5

© Specific Gravity adalah 4.6-4.7 Associated Mineral Streak yang putih albite, biotit, akik merah tua, xenotime dan monazite.

© Karakteristik yang lain adalah kadang-kadang kristal berpijar dan yang lebih gelap mungkin (adalah) radioaktif dalam kaitan takmurnian dari unsur-unsur bumi yang jarang. Indeks biasnya adalah 1.92 – 2.

%d blogger menyukai ini: