Arsenopiryt


MINERAL ARSENOPYRITE

Nama Kimia : Feass, Iron Arsenide Sulfide

Kelas: Sulfosalts Group dan Sulfida: Arsenopyrite Group

Kegunaan: Bijih yang penting dari arsenik/warangan, sumber kecil emas dan sebagai spesimen mineral.

Spesimen

Suatu bijih yang utama tentang arsenik/warangan, Arsenopyite dapat berisi suatu kecil jumlah emas sebagai suatu ketidak-bersihan. Walaupun suatu bijih dari arsenik/, tidaklah dengan sengaja ditambang untuk alasan itu. Dalam memproses bijih dari yang lain beberapa unsur-unsur arsenopyrite adalah ” tanpa sengaja” yang dimasukkan dan menyemburkan arseniknya sebagai uap yang kemudian adalah disembuhkan. Ini ” kebetulan”” sumber sediakan kebanyakan dari arsenik/warangan kebutuhan dalam dunia.

Arsenopyrite membuat spesimen mineral yang menarik juga. Adalah dengan baik dibentuk crsytals pertunjukan adalah suatu format kristal terpisah dan yang menarik. Suatu kristal yang khas berisi suatu kubah intan yang shaped ke puncak suatu kristal yang seperti prisma. Kristal mempunyai sudut tajam tajam/jelas yang adalah suatu menandai kontras dari sulfida lainnya yang secara umum hanya mempunyai sudut tumpul.

KERAKTER FISIK;

© Warna adalah suatu seperti kuningan putih ke kelabu..

© Kilau adalah metalik..

© Ketransparanan: Kristal adalah buram..

© Sistem hablur adalah orthorhombic;; 2/m 2/m 2/m Crystal Habits meliputi kristal yang seperti prisma/aneka warna dengan suatu potongan melintang intan yang diakhiri oleh yang manapun suatu kubah yang curam ( benar-benar dua di antara empat wajah dari suatu prisma) atau suatu lebih sedikit kubah yang ditundukkan, juga kristal pendek/singkat pendek dan gemuk dua kali lipat mengakhiri dengan kubah. Kelahiran kembar adalah umum,, sering membengkokkan kristal dan kadang-kadang membentuk salib, x atau bintang.

© Perpecahan adalah terpisah di dua arah yang membentuk prisma.

© Belahan adalah tidak seimbang..

© Kekerasan adalah 5.5 – 6.

© Berat jenisnya sekitar 6.1+ ( lebih berat dibanding rata-rata untuk mineral yang metalik)

© Warna lapisan gelap kelabu ke Other Karakteristik yang hitam: Striations di kubah menghadapi, bau yang pahit ketika bertepung/berbubuk atau [rusak/merekah].

© Mineral yang sejenis adalah emas, siderite, pyrite dan sulfida yang lain.

%d blogger menyukai ini: