Boraks


MINERAL BORAKS

Na2B4O7 – 10H2O, garam asam bor sodium Hydrated.

Kelas: Subclass karbonat: Uses garam asam bor: suatu bijih dari borium dan sebagai sumber dari boraks ( suatu membersihkan agen dan bahan kimia bermanfaat industri)

Spesimen

Boraks adalah suatu mineral garam asam bor yang kompleks yang ditemukan di danau playa dan lain deposito evaporite. Struktur dasar dari boraks berisi rantai dari menyambungkan BO2(OH) BO3(OH dan segi tiga) bidang empat yang terikat ke rantai dari bidang delapan air dan sodium. Spesimen mineral yang paling tua dari boraks adalah berkapur/pucat putih dalam kaitan dengan suatu reaksi kimia dari pengeringan. Mereka sudah benar-benar mengubah (sedikitnya di permukaan mereka) bagi mineral tincalconite, Na2 B4O7-5H2O, dengan hilangnya air. Perubahan macam ini dari satu mineral ke yang lain meninggalkan bentuk yang asli dari kristal itu. Minerologists mengacu pada ini sebagai pseudomorph, atau “bentuk yang gadungan”, sebab tincalconite mempunyai bentuk kristal dari predecessing boraks.

Boraks adalah secara langsung disimpan di daerah yang kering dari penguapan dari air di danau yang kadang-kadang disebut playas. Playas membentuk hanya selama musim hujan dalam kaitan dengan runoff dari pegunungan yang bersebelahan. Runoff yang kaya akan borium dan sangat dipusatkan oleh penguapan di iklim yang kering.

KARAKTER FISIK:

© Warna adalah putih jelas bersih..

© Kilau adalah seperti kaca..

© Kristal ketransparanan adalah transparan ke tembus cahaya..

© Sistem hablur adalah monoklin; 2/m Crystal Habits meliputi blocky ke kristal yang seperti prisma/aneka warna dengan suatu potongan melintang [penyiku/ lapangan] yang hampir. Juga besar(masive) dan [sebagai/ketika/sebab] kulit keras..

© Perpecahan sempurna di satu arah.

© Belahan adalah conchoidal.

© Kekerasan adalah 2 – 2.5 Specific Gravity adalah kira-kira 1.7 ( seluruh cahaya)

© Warna lapisan putih..

© Mineral yang sejenis adalah kalsit, halit, hanksite, colemanite, ulexite dan garam asam bor yang lain.

© Karakteristik yang lain: suatu rasa manis yang bersifat alkali, mengubah ke tincalconite berkapur/pucat yang putih dengan pengeringan.

%d blogger menyukai ini: