Flourit


Fluorit [CaF] ( juga disebut fluor- tiang kapal) adalah suatu mineral yang terdiri atas kalsium fluoride, CaF2. Mineral Fluorit  adalah suatu mineral yang sifat kristalnya isometrik dengan bentuk kubus, meskipun octahedral dan format isometrik lebih rumit tidaklah luar biasa. Kelahiran kembar Kristal adalah umum dan menambahkan kompleksitas kepada mengamati kebiasaan kristal. Fluorit mempunyai warna bening  atau putih, warna ungu, biru, biru kehijau – hijauan, hijau, kuning, kuning kecoklat-coklatan, merah muda, atau merah. Fluorit juga mempunyai kekerasan 4, berat jenis 3,18, dengan kilau seperti kaca dan belahannya yang sempurna (111), mempunyai daya larut sedikit di dalam air.

Fluorit [CaF] boleh terjadi sebagai persediaan di dalam pembuluh, terutama dengan mineral metalik, di mana sering merupakan bagian dari gangue ( yang tidak berharga ” host-rock” di mana mineral menjadi berharga) dan mungkin  berhubungan dengan galena, sphalerite, barit, kwarsa, dan kalsit. Fluorit merupakan suatu mineral umum di dalam persediaan hydrothermal asal dan telah menjadi catatan sebagai mineral utama di dalam granit dan batuan beku lain dan sebagai unsur pelengkap dolostone umum dan batu gamping.

Mineral fluorit terdapat di daerah Negara Jerman, Austria, Inggris, Norwegia, Meksiko, Switzerland, Ontario di Canada dan ddi wilayah Amerika Serikat.