Ortoklas


MINERAL ORTHOCLASE

Nama kimia : KALSI3O8, Potasium Aluminum Silicate.

Kelas : Silikat

Sub Kelas : Tectosilicates

Kelompok : Feldspars

Penggunaan : spesimen mineral dan di industri porselin.

Spesimen

Orthoclase adalah suatu polymorph dari yang lain mineral yang berbagi yang sama Nama kimia, tetapi mempunyai struktur hablur yang berbeda. Jika identifikasi yang positif antara mineral ini tidak bisa dibuat oleh metoda bidang, kemudian spesimen bisa dipastikan jadilah dikenal sebagai suatu kalium feldspar atau K-spar. Plagioclase feldspars kekurangan kalium, adalah berwarna lembut dan pada umumnya striated.. Yang lain tiang kapal-k mineral adalah sanidine, microcline dan anorthoclase. Orthoclase adalah semakin umum dari tiang kapal-k.

Perbedaan antar mineral ini adalah mengambil tambahan pelajaran contoh tangan. Microcline menuju ke untuk diwarnai-lebih dalam dan satu-satunya bahwa dapat, tetapi tidaklah selalu, suatu warna yang hijau-biru (amazonite). Orthoclase tidak menunjukkan kelahiran kembar yang seperti daun yang adalah umum di microcline dan occassionally menyajikan seperti striations di permukaan perpecahan.

Sanidine dan anorthoclase pada umumnya mempunyai suatu meratakan kebiasaan kristal. Selain dari yang, enviroment dari formasi adalah satu-satunya tanda/ kunci rahasia contoh tangan yang lain untuk menciri orthoclase dari sanidine atau anorthoclase. Orthoclase adalah yang utama tiang kapal-k dari granit dan syenites didinginkan itu sedang dengan cepat. Sanidine dan anorthoclase adalah unsur yang umum di batuan beku gunung berapi extrusive seperti rhyolites, di mana batu karang yang didinginkan dengan cepat. teknik sinar x dan Sifat optis adalah satu-satunya jalan yang pasti untuk menciri orthoclase dari microcline.

%d blogger menyukai ini: